KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS DALAM INDUSTRI MAKANAN RINGAN
Disusun oleh :
Nama : Redho Eka Putra
NIM : 14.12.7990
Kelas : 14-S1Si-04
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Alamat : Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Depok-Sleman,
Telp. ( 0274 ) - 884201
Tahun Ajaran 2014 / 2015
A. Abstrak
Dunia Industri Makanan merupakan peluang usaha yang mempunyai lingkupan yang sangat luas dan bermanfaat bagi kehidupan. Hal ini dikarenakan kehidupan tidak melepaskan diri dari suatu industri makanan. Anda dapat hidup karena adanya suatu lingkungan industri makanan. Jika tidak adanya suatu industri makanan, maka kehidupan kita akan sulit dan pincang.
Hidup dan makanan tidak dapat dipisahkan ada dua kondisi yang tercipta terkait dengan hidup dan makan, yaitu hidup untuk makan atau makan untuk hidup ? dapat anda tentukan hal tersebut dari suatu pola kehidupan seseorang.
B. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Umum
Memperoleh gambaran dalam membangun suatu Peluang Bisnis dengan
memperhatikan Perkembangan suatu Industri Makanan.
2. Tujuan Khusus
Agar masyarakat menyadari pentingnya pola dalam pembentukan peluang bisnis industri yang sehat.
C. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk menyelesaikan tugas akhir pada mata kuliah Lingkungan Bisnis.
2. Sebagai bahan dalam memberikan pemikiran / inspirasi pada masyarakat terutama para pemuda dalam pembentukan peluang bisnis industri yang sehat.
3. Untuk mengetahui apakah masyarakat dapat berfikir luas tentang pentingnya pola pengembangan dalam bisnis.
D. Metode Penulisan
Dalam penulisan karya tulis ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan penulis menggunakan beberapa metode penulisan sebagai berikut:
a. Studi Kepustakaan : yaitu penulis membaca buku-buku dan kumpulan mata pelajaran yang berkaitan dengan penelitian ini.
b. Search Enggine : yaitu penyusun mencari suatu materi dalam penyusunan karyailmiah ini dengan online.
ISI
&
PEMBAHASAN
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari- hari dan merupakan suatu ruang lingkup yang dimana dalam penempatannya selalu memiliki lingkup kesibukan untuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dimana dalam bisnis harus memiliki konsep yang matang, agar bisnis yang dijalankannya bisa bertahan dan terus berkembang. Peluang bisnis yang telah dibuka harus didasari oloeh kemampuan baik dalam memanagemen bisnis, dan juga melihat situasi lapangan atau dunia luar.
A. Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bias dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.
1. Home Industri yang Menjanjikan
Semua berasal dari kecilo! Begitu nasihat yang selalu terdengar setiap kali anda ingin terjun dalam suatu dunia usaha. Nasihat itu memang sangat tepat. Bahwa dalam kehidupan memang selalu diawali dari kondisi yang kecil dahulu, terus berkembang dan akhirnya menjadi besar. Begitu juga halnya dengan industri makanan.
Untuk itu, maka anda mengawali usaha dari rumah. Anda dapat menerapkan semua konsep usaha berbasis rumah. Setiap kegiatan produksi dilakukan di rumah. Tentunya untuk awal kegiatan. Anda memberdayakan semua tenaga yang ada dalam keluarga. Hal ini merupakan penerapan konsep ekonomis dalam industri makanan. Begitu juga halnya dengan pemasarannya.
Dengan berbasiskan rumah, maka anda dapat mencoba melibatkan semua anggota keluarga untuk mendukung kegiatan industri ini. Tentunya, anda membagi tugas utama dan tugas bersama pada setiap personil.
2. Modal kecil Bukan Masalah
setiap usaha membutuhkan modal. Modal ini dapat berupa dinansial atau sarana prasarana sumber daya manusia. Tiga modal besar dasar ini harus dimiliki agar usaha yang anda tekuni dapat berjalan sebagaimana harapan.
Salah satu modal tidak ada, maka terganggulah perjalanan suatu usaha anda. Jika usaha yang dijalankan adalah industri makanan, maka sungguh sangat membahayakan bagi kelangsungan usaha.
Produk anda adalah makanan yang sangat rentan atas keruskannya. makanan tidak tahan lama sehingga pada saat memproduksi selain memperhitungkan kuantitasnya, anda juga harus memperhitungkan kualitas secara teliti.
Modal untuk menjalankan usaha industri makanan ini memang sangat relatif. Anda tidak dapat memastikan berapa jumlah dana yang harus dikeluarkan untuk usaha ini sebab sangat bervariasi. Ada industri dengan dana yang besar, tetapi tidak sedikit yang bermodal kecil.
SUMBER REFERENSI
https://www.google.co.id/ taya.files.wordpress.com/2007/09/bab-5-pengantar-bisnis.pdf
http://www.aneahira.com/industri-makanan.htm
Tugas Karya Ilmiah Pengetahuan Bisnis
Berjualan Jagung Bakar
Disusun oleh :
Nama : Redho Eka Putra
NIM : 14.12.7990
Kelas : 14-S1Si-04
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Alamat : Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Depok-Sleman,
Telp. ( 0274 ) - 884201
Tahun Ajaran 2014 / 2015
Abstrak
Bisnis kuliner saat ini sedang marak dikarenakan tingkat konsumsi masyarakat yang kian hari kian meningkat.
Sehingga banyak orang yang berlomba-lomba membuat usaha kuliner. Usaha kuliner tidak harus selalu dengan modal yang besar seperti membuat restoran atau rumah makan, dengan modal yang sedikitpun jika kita pintar mengolahnya maka akan banyak diminati masyarakat tergantung dari jenis kuliner yang ingin dibuat, dalam hal ini “Bisnis Kuliner Jagung Bakar Super Pedas” kita bisa menjualnya dari warung kecil atau bahkan dipinggir jalan.
Saat ini banyak anak muda yang senang berkumpul dimalam hari, entah itu dengan teman atau pacar.Banyak dari mereka yang keluar hanya untuk mencari tempat makan yang murah dan dapat digunakan untuk berkumpul dengan teman. Mereka juga kebanyakan ingin mencari makanan baru yang menurut mereka berbeda dengan yang lain. Dengan memberikan inovasi yang baru dan sedikit ekstrim kepada konsumen kita akan mendapatkan pelanggan, dan dari pelanggan-pelanggan itulah kita mendapatkan promosi dari mulut kemulut sehingga konsumen akan berdatangan karena penasaran dengan makanan yang kita jual. Menurut saya, usaha ini juga dapat dilakukan oleh Mahasiswa karena tidak membutuhkan modal yang besar dan dilakukan dimalam hari sehingga usaha kuliner jagung bakar merupakan usaha yang menjanjikan.
Isi
Usaha Kuliner Jagung Bakar Super Pedas ini dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh Mahasiswa karena usaha kuliner ini dilakukan di malam hari sehingga tidak mengganggu perkuliahan, tidak memerlukan modal yang besar , tidak memerlukan tempat yang besar bahkan dipinggir jalanpun jadi.
Untuk memulai usaha ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
1. Perijinan
Kita harus membuat ijin untuk berdagang ditempat kita berjualan agar tidak terkena gusur Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja)
2. Pilih Sasaran Penjualan
Pilihlah sasaran penjualan apakah itu orang tua atau anak muda, dengan menentukan sasaran penjualan kita dapat berinovasi dengan makanan yang kita jual menyesuaikan dengan sasaran penjualan kita.
3. Lokasi yang strategis
Pilihlah lokasi yang strategis kalau untuk anak muda pilihlah tempat yang nyaman, dapat dijadikan tempat berkumpul.
4. Peralatan dan Bahan Baku
Siapkan Peralatan dan bahan baku, peralatan seperti tempat untuk membakar jagung, gelas, termos, tikar, piring, kemudian bahan bakunya jagung dan bumbu-bumbunya.
5. Inovasi
Untuk membedakan jagung bakar kita dengan yang lain buatlah inovasi dengan membuat jagung rasa super pedas, yang merupakan trademark dari usaha kuliner ini.
Usaha ini tidak terlalu sulit dalam menjalankannya namun juga memiliki beberapa kendala, meliputi :
- Keuntungan
1. Modal tidak terlalu besar.
2. Tidak terlalu memakan tempat (tinggal menggelar tikar)
3. Dapat dilakukan dimana saja (dipinggir jalan, depan estalase toko, dll)
4. Peralatan dan bahan baku yang diperlukan mudah didapat (alat bakar, jagung, peralatan minum, tikar)
- Kendala
1. Banyak pesaing
2. Berdagang tergantung musim (bila musim hujan sulit untuk berjualan, atau bila sulit mendapatkan bahan baku)
3. Siap mental
Strategi Berjualan Jagung Bakar agar lebih diminati oleh Pelanggan
Untuk memulai berjualan jagung bakar jangan merasa pesimis dengan persaingan banyaknya usaha jagung bakar yang lain. Agar usaha anda dapat berjalan dengan sukses dan memperoleh keuntungan berikut beberapa strategi yang dapat membantu anda :
1. Buatlah rasa jagung bakar anda menjadi sepedas mungkin itu akan meningkatkan nilai jual usaha anda, namun anda juga harus menyediakan jagung dengan rasa yang lain agar orang yang tidak suka makanan pedas juga dapat menikmati jagung bakar anda.
2. Buatlah tempat usaha anda bersih, rapi dan nyaman, hal ini dimaksudkan agar pelanggan anda merasa betah berada disitu sehingga meningkatkan minatnya untuk datang kembali.
3. Berikanlah pelayanan yang memuaskan pelanggan, seperti ramah, layanan yang tidak terlalu lama, usahakan agar pelanggan tidak mengeluh dengan pelayanan anda.
4. Buatlah promosi dari mulut kemulut agar banyak yang mengenal usaha anda.
Referensi
Doni Kurniawan
Karya Ilmiah Lingkungan Bisnis
Usaha Toko Komputer
Disusun oleh :
Nama : Redho Eka Putra
NIM : 14.12.7990
Kelas : 14-S1Si-04
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Alamat : Jalan Ring Road Utara, Condong Catur, Depok-Sleman,
Telp. ( 0274 ) - 884201
Tahun Ajaran 2014 / 2015
Abstrak
Peluang bisnis komputer dilingkungan kampus adalah sangat besar. Toko computer A adalah salah satu diantara sekian banyak toko di sekitar kampus yang memanfaatkan peluang bisnis ini. Toko komputer mempunyai celah Market Share (andil pasar) saat ini sebesar 23 % dengan tujuan Market Share (andil pasar) yang ditetapkan sebesar 50%. Kondisi persaingan toko komputer seperti ini menuntut toko komputer A melakukan rencana pengembangan bisnis sebagai pedoman bisnis untuk dapat bersaing dan memenangkan persaingan dengan toko – toko komputer pesaingnya. Rencana pengembangan bisnis yang dilakukan dalam aspek pemasaran, manajemen, dan keuangan.
Sebelum melakukan rencana pengembangan bisnis,sebuah toko computer melakukan analisis keunggulan tokonya dengan pesaing di sekitarnya.Analisis posisi keunggulan took computer A terhadap pesaingnya menggunakan Costumer Value Map (nilai pemetakan pelanggan). Hasil penelitan adalah toko komputer A mempunyai keunggulan terhadap pesaingnya, sehingga toko komputer A dapat melakukan rencana pengembangan
Rencana pengembangan bisnis untuk aspek pasar menggunakan matrik tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan. Sedangkan rencana pengembangan bisnis dalam bidang manajemen adalah dengan mengatasi kelemahan sistem manajemen yang berdasar analisa terhadap sistem manajemen mencakup struktur organisasi, dan data history alokasi pekerjaan, keahlian, jumlah karyawan, dan sistem penggajian. Rencana pengembangan di bidang keuangan, menggunakan analisis kelayakan investasi, Net Working Capital, dan analisis rasio hutang.
Rencana pengembangan bisnis untuk aspek pasar yang pertama adalah memperbanyak informasi keterangan barang untuk menyelesaikan masalah kelengkapan barang. Kedua adalah mempersiapkan perhitungan Minimum Order Quantity (banyaknya pemesanan) untuk memecahkan masalah ketersediaan barang. Terakhir adalah memperbanyak rekanan dalam bidang servis dan mulai mempelajari jasa perbaikan diluar komputer untuk mengatasi masalah kelengkapan jasa perbaikan.
Rencana pengembangan bisnis dalam bidang manajemen adalah merekrut beberapa pegawai untuk di pekerjakan sebagai bussines support dan technical support agar dapat mengatasi masalah kekurangan sumber daya manusia.
Rencana pengembangan bisnis dalam bidang keuangan adalah membuka peluang investasi bagi investor baru berdasarkan analisis kelayakan investasi dan memanfaatkan peluang untuk melakukan kredit atau pinjaman berdasarkan analisis rasio hutang.
Isi
Perkembangan Teknologi saat ini kian pesat khususnya komputer. Berkembangnya teknologi di dunia sekaligus ikut memberikan kesempatan bisnis baru maupun lapangan pekerjaan yang baru kepada setiap orang.komputer saat sangat di butuhkan oleh setiap orang dari yang masih sekolah,kuliah sampai yang bekerja,tidak dapat di pungkiri bahwa semakin berkembangnya teknologi membuat setiap orang akan membutuhkan komputer baik digunakan untuk bekerja, belajar,browsing dan bahkan hanya untuk main games saja.bisa anda bayang kan betapa di butuhkan nya computer saat ini. maka membangun sebuah toko komputer adalah sebuah keputusan yang benar walau pun banyak peluang usaha yang lain. sebelum anda membangun sebuah toko komputer anda harus memperhatikan beberapa hal penting untuk menghindari kegagalan dalam bisnis anda.ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membangun toko computer adalah sebagai berikut :
1. Sebelum memulai usaha hal terpenting adalah pemahaman konsep produk atau jasa. Kita harus memahami teknis produksi, pasar, dan prospek (mulai dari lingkungan yang terkecil sampai terbesar).
2. Membuat visi dan misi bisnis. Tujuannya, agar focus menjalankan usaha. Sering sekali suatu usaha jatuh bangkrut saat berkembang, sebabnya tak focus terhadap pengembangan perusahaan tapi terlalu banyak mencoba mengembangkan usaha lain.
3. Mempunyai mental tahan banting, pikiran positip, dan mau belajar. Sikap tak mudah menyerah, mau belajar, dan melihat permasalahan secara positip membuat tak mudah putus asa dalam memulai usaha atau mampu membaca peluang usaha.
4. membuat perencanaan dan strategi usaha yang efektif. Umumnya, kegagalan usaha kecil dan menengah disebabkan tak adanya atau kurang efektifnya perencanaan.
5. Bekali diri dengan pengetahuan dasar manajemen, dan organisasi atau system. Karena, setiap usaha dari yang paling terkecil sekalipun membutuhkan manajemen yang baik untuk memastikan proses pemasaran, produksi, distribusi, dan penjualan. System menajemen yang buruk akan mengakibatkan pembengkakan biaya yang tidak perlu, pekerja tak produktif, jobdis pekerjaan tidak jelas, koordinasi, dan komunikasi antar pegawai tidak efektif sehingga banyak keputusan yang terlambat.
6. Kreaktif dan punya jiwa kepemimpinan. Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan banyak mengalami permasalahan dan krisis.banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreaktivitas dan jiwa kepemimpinan. Kreaktivitas seperti ’ berpikir diluar kebiasaan umum ’ atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi kreaktif akan sangat membantu semua permasalahan usaha.
Setelah semua yang di atas anda penuhi anda tinggal Menciptakan Branding (Merek) untuk toko komputer anda dalam semalam memang hal yang sulit, tapi kalau untuk seminggu atau sebulan.Kiat-kiat sehat untuk mengembangkan Brand(Merek) toko komputer yang kuat ala Malcolm Gladwell Wimkhan :
1. Datangi calon konsumen anda.
Kesuksesan di dunia memang bukan milik para pemalas. Jika anda ingin calon konsumen anda berbelanja di toko kebanggan anda, maka aktif lah berpromosi di lokasi strategis tempat calon konsumen anda berpusat. Untuk yang mengincar segmen mahasiswa, kegiatan dan lokasi yang masih bernuansa kampus adalah hal yang tepat.Bagaimana kalau target market anda adalah para pegawai negeri? Mudah saja, beriklanlah di acara-acara yang sering digelar oleh departemen-departemen atau BUMN. Di seminar boleh, simposium bisa, diskusi panel atau workshop juga oke.
2. Beri mereka insight bukan price list.
hampir semua toko komputer membuat daftar harga barang dagangan mereka. Tapi jarang ada yang mau memberikan insight/ ringkasan baik buruknya suatu produk antara yang satu dengan yang lain bagi calon konsumennya.
3. Buatlah pancingan!
pancingan adalah hal yang sangat penting. Di dalam flyer yang anda buat tadi, pasanglah pengumuman yang mencolok. Beritahu calon konsumen anda bahwa di toko anda sedang ada promo untuk sebuah produk yang sangat mereka gemari.
4. Pegawai yang menyenangkan.
Layanilah para pengunjung dan calon pembeli di toko anda dengan baik. Semuanya, baik itu kepada mereka yang sungguh-sungguh ingin membeli atau kepada mereka yang hanya sekedar bertanya-tanya. Entah sudah berapa banyak calon pembeli potensial yang lenyap hanya karena para pegawai anda tidak memperlakukan mereka dengan baik ketika mereka hanya sedang ingin bertanya-tanya.
5. Awasi after sales
Sebagai pemilik toko komputer yang baik, anda tidak boleh meremehkan after sales atau layanan purna jual.Di dunia ini tidak ada produk elektronik yang tidak membutuhkan servis. Jadi sewaktu-waktu barang yang anda jual rusak di tangan konsumen, anda sebaiknya sudah siap untuk melayani mereka dengan
Reverensi
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&ved=0CDAQFjAD&url=http%3A%2F%2Fresearch.amikom.ac.id%2Findex.php%2FKIM%2Farticle%2Fdownload%2F3339%2F1675&ei=As75VK2WL4qNuAScy4IQ&usg=AFQjCNG17CAac3bbYut1hn5EOv9_bYtXPQ&sig2=Rx0RbN6ObYhuw1T7_UXlww&bvm=bv.87611401,d.c2E
Posting Komentar